Pengertian Hardware dan software pada komputer

Pengertian Hardware dan software pada komputer

Pengertian Hardware dan software
pengertian Hardware
Hardware atau dengan kata lain Perangkat Keras: Suatu komponen yang ada pada komputer, berupa komponen komponen yng saling menghubungkan satu dengan yang lainnya Sementara itu, contoh dari hardware itu sendiri yakni :
  1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
  2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
  3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.
Ada pun pengertian software
Software (Perangkat Lunak) : Kumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan komputer bisa berupa program yang berguna untuk menjalankan suatu perintah. Software ini tidak bisa dipegang. Contoh dari software yakni :

Berikut beberapa jenis perangkat lunak yang terdapat di pasaran untuk aplikasi komputer
Perangkat lunak hiburan. Beberapa contoh dari software ini, yaitu vlc untuk media player window media player  untuk mendengarkan musik, lalu ada juga games, dan sebagainya untuk hiburan.
Perangkat lunak pendidikan. Berguna untuk mempelajari atau mereferensikan tentang pendidikan atau pengetahuan.
Perangkat lunak bisnis. Software ini berguna untuk aplikasi bisnis, contohnya untuk menangani utang piutang, pencatatan barang, dan sebagainya.seperti aplikasi akunting dls
Perangkat lunak khusus.
Perangkat lunak produktivitas kerja.
Demikian pengertian Pengertian Hardware dan software pada komputer semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar