pengertian Internet dan Intranet

Pengertian  Internet Dan Intranet

pengertian  Internet dan Intranet
Pengertian  Internet

Internet adalah kumpulan komputer yang saling berhubungan dalam bentuk jaringan. Jaringan internet dapat terbentuk dengan menggunakan saluran komunikasi seperti telepon kabel, satelit maupun frekwensi radio.

Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network. Jika diterjemahkan secara langsung berarti jaringan yang saling terhubung yang saling berinteraksi ke seluruh dunia. Dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang di dalamnya terdapat jutaan bahkan milyaran informasi atau data.

Ada dua peranan internet yang sangat penting, yakni : (1) sebagai sumber data dan informasi, (2) sarana pertukaran data dan informasi
Pengertian Dasar Intranet

Intranet adalah sebuah jaringan privat (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi rahasia informasi perusahaan atau operasi dalam
perusahaan tersebut kepada karyawannya. Kadang-kadang istilah intranet hanya merujuk kepada layanan yang terlihat, yakni situs web internal perusahaan.

Untuk membangun sebuah intranet, maka sebuah jaringan haruslah memiliki beberapa komponen yang membangun Internet, yakni protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server.

Intranet adalah konsep LAN yang mengadopsi teknologi Internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Khoe Yao Tung (1997) mengatakan : Intranet adalah LAN yang menggunakan standar komunikasi dan segala fasilitas Internet, diibaratkan berInternet dalam lingkungan lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke Internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan Intranet lainnya (Internetworking) melalui backbone Internet.
Perbedaan antara internet dengan intranet terdapat dalam :

Berdasarkan
Intranet
Internet



a. Cakupan akses
Lebih   terbatas   yaitu   di   dalam
Global yaitu seluruh dunia tak

perusahaan atau organisasi
terbatas



b. Cara pemakaian teknologi
Koneksinya  antar  kelompok  kerja
Melalui saluran telekomunikasi
untuk berkomunikasi
atau departemen dalam perusahaan




c. Penggunaannya
Hanya  orang-orang  tertentu  yang
Bebas artinya siapa saja boleh

bekerja pada perusahaan tersebut
menggunakan



0 komentar:

Posting Komentar