Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud dan Shalat Tarawih

Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud dan Shalat Tarawih

Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud dan Shalat Tarawih
Shalat tahajud ialah sholat yang di kerjakan pada malam hari setelah sholat isya dengan syarat telah tidur pada malah hari walau hanya sebentar sholat tahajud mempunyai banyak keutamaan dan Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud akan saya bahas di bawah ini sementara sholat tarawih adalah sama dengan tahajud namun yang membedakannya ialah shalat tarawih hanya di kerjakan pada malah di bulan ramadhan dan tanpa syarat harus tidur keutamaan shalat ini pun akan saya jelaskan di bawah ini
Manfaat yang akan di dapatkan ketika melaksanakan sholat tahajud, di antaranya:
1. Dikabulkannya Doa-doa

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda. Yang artinya
 “Sesungguhnya Rabb kami yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga akhir malam, lalu berfirman ; barangsiapa yang berdoa, maka Aku akan kabulkan, barangsiapa yang memohon, pasti Aku akan perkenankan dan barangsiapa yang meminta ampun, pasti Aku akan mengampuninya”. [Shahih Al-Bukhari, kitab Da’awaat bab Doa Nisfullail 7/149-150]

2. Allah Mengangkat Derajat ke Tempat yang Terpuji
Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud yang kedua ialah Allah SWT akan mengangkat derajat ke tempat yang terpuji. Sebagai mana hal ini tercantum dalam  Al-Qur’an Surat Al-Isra' ayat 79:
"Dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS A1-Isra [17]: 79).

3. Mencegah Perbuatan Dosa dan Menghapus Kejahatan
Keutamaan Sholat Sunnah Tahajud yang ke 3 adalah dapat mencegah diri dari perbuatan dosa dan menghapus kejahatan. Ini telah di terangkan dalam Sabda Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Abu Umamah Al-Bahli ra, yang berbunyi:
"Hendakah kalian mengerjakan qiyaamullail, sesungguhnya ia adalah kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, mendekati diri kepada Allah Ta’ala, mencegah perbuatan dosa, menghapus kejahatan dan menangkal penyakit dari badan." (Diriwayatkan At-Turmudzi, Al-Hakim)

4. Memperoleh berbagai Kemuliaan
Keutamaan sholat sunnah tahajud yang keempat adalah akan memperoleh berbagai kemuliaan. Dimana hal ini di terangkan dalam sebuah hadis:
"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat."
Adapun lima keutamaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala macam bencana, tanda ketaatannya akan tampak kelihatan di mukanya, akan dicintai para hamba Allah yan shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata-kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

5. Jaminan Masuk Surga
Keutamaan sholat sunnah tahajud ke-5 adalah mendapat jaminan masuk surga. Ini sesuai dengan keterangan dari sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:
"Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat". (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan


1.    Di ampuni segala macam dosa
Adapun didalam Keutamaan Shalat Tarawih jika diterangkan menurut Hadist – Hadist Shahih maka Shalat Tarawih dapat berguna untuk mendapatkan ampunan dari Alloh Swt atas dosa – dosa yang telah kalian lakukan di masa lalu dan dlm hal ini telah diterangkan oleh Abu Hurairah bahwasanya Nabi Muhammad Saw bersabda yg berbunyi,
 ” Barangsiapa yg menunaikan Qiyam Ramadhan karena Iman dan juga mencari Pahala maka dosa – dosa orang tersebut yg telah lalu akan diampuni oleh Alloh Swt (Hadist Riwayat Bukhari no 37 dan Muslim no 759) ”.

2.    Shalat Sunnah Tarawih di Bulan Ramadhan karena imam seperti mengerjakan Shalat semalam penuh
Keutamaan Shalat Tarawih yang kedua di Bulan Ramadhan ialah menunaikan Shalat Sunnah Tarawih di Bulan Ramadhan karena imam seperti mengerjakan Shalat semalam penuh dan hal ini telah disampaikan oleh Abu Dzar bahwasanya Nabi Muhammad Saw pernah mengumpulkan keluarga dan juga para sahabat nya. Lalu Nabi Muhammad Saw bersabda yang berbunyi,
 ” Siapasaja yg mengerjakan Shalat bersama Imam sampai dia selesai maka dituliskan untuk dia pahala Qiyam satu malam penuh (Hadist Riwayat An Nasai) ”.
3.    Shalat Tarawih merupakan seutama – utamanya Shalat Sunnah
Kemudian Keutamaan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan lainnya ialah Shalat Tarawih merupakan seutama – utamanya Shalat Sunnah karena Madzhab Hambali telah mengatakan bahwasanya seutama – utamanya Shalat Sunnah yaitu Shalat Sunnah yg dianjurkan untuk dikerjakan secara berjamaah karena Shalat seperti itu merupakan Shalat yg hampir serupa atau sama dengan Shalat Wajib Lima Waktu sehingga ada baiknya mulai dari sekarang kalian jangan meninggalkan Shalat Tarawih di Bulan Ramadhan walaupun Sunnah karena terdapat Keutamaan Shalat Tarawih yg begitu banyak yg dapat kalian dapatkan.

0 komentar:

Posting Komentar